Bedanya Investasi Emas Digital vs Fisik, Pilih yang Mana?

10 August 2021

Emas adalah jenis investasi yang paling mudah dijangkau oleh hampir semua orang. Emas pun terdiri dari berbagai bentuk. Seiring dengan berkembangnya teknologi, emas dalam bentuk digital mengalami peningkatan tren yang cukup signifikan. Artikel ini membahas secara lebih detail tentang investasi emas digital dan emas fisik. 

Mengenal Tentang Emas Digital

Emas digital menjadi salah satu investasi paling mudah dan cukup terjangkau, terutama bagi Anda yang memiliki penghasilan yang sedang namun tetap ingin berinvestasi.

Harga emas digital tidak dihitung sebagaimana harga emas batangan yang per gramnya menjangkau Rp900 ribu sampai dengan satu juta rupiah.

Anda bisa memulai investasi emas digital dengan nominal yang cukup rendah. Menariknya, harga emas cenderung naik meskipun nilai tukar rupiah terhadap dolar melemah. Sebaliknya, jika nilai tukar menguat, Anda juga tidak akan terlalu rugi.

Sebelum membeli emas, sebaiknya Anda cari beberapa referensi terlebih dahulu tentang platform yang menjual emas digital. Pastikan perusahaan tersebut telah memiliki izin dari OJK. 

Keuntungan Berinvestasi Emas Digital

Berikut ini adalah beberapa keuntungan yang bisa Anda dapatkan jika memilih investasi dalam emas digital:

  • Investasi dalam jumlah kecil: Anda dapat mengeluarkan jumlah uang yang cukup kecil untuk membeli emas digital. Biasanya investasi ini tidak memiliki batas minimum pembelian. 
  • Kualitas: Investasi yang disediakan dalam layanan digital hanya akan memilih emas 24 karat sehingga kualitasnya terjamin. 
  • Penukaran: Penukaran bisa dalam koin emas fisik atau batangan. Selain itu, tingkat likuiditasnya juga tinggi, sehingga Anda bisa membeli atau menjualnya kapanpun melalui aplikasi. 
  • Keamanan: Aset emas digital diasuransikan dan disimpan dengan aman. 
  • Kemudahan dalam melacak investasi: Anda dapat dengan mudah melacak investasi melalui platform online (aplikasi atau situs web). Selain itu, Anda juga dapat menilai kinerja investasi.
  • Diversifikasi portofolio: Emas digital adalah pilihan investasi yang baik untuk diversifikasi portofolio dan juga merupakan aset yang baik untuk melindunginya dari volatilitas harga, 
  • Harga real-time: Platform digital menawarkan harga emas secara real-time. Oleh karena itu, Anda dapat dengan mudah memantau pergerakan harga dan melakukan pembelian.

Keuntungan Berinvestasi Emas Fisik 

Berikut keuntungan berinvestasi emas fisik:

  • Emas telah menjadi logam mulia yang berharga di mana permintaan pasar terhadap jenis investasi ini cukup stabil.
  • Emas dianggap sebagai investasi yang tahan inflasi. Misalnya, Anda dapat membeli emas hari ini, kemudian Anda dapat menjualnya dengan harga yang lebih tinggi setelah beberapa tahun. 
  • Emas tidak pernah kehilangan nilai intrinsiknya. Sejarah membuktikan bahwa logam ini selalu diminati. Bahkan selama krisis, seseorang dapat dengan mudah menjual aset emas yang dimiliki.
  • Anda dapat mewariskan emas fisik kepada generasi berikutnya.
  • Emas tidak terdepresiasi dari waktu ke waktu seperti banyak aset lainnya.

Emas Fisik vs Emas Digital, Mana Lebih Baik?

Baik investasi emas digital maupun emas fisik memiliki kelebihan dan kekurangan. Anda bisa memilih investasi dalam bentuk keduanya, tentu dengan manajemen pendapatan secara baik.
Kembali lagi tergantung dengan tujuan investasi Anda.

Jika Anda ingin berinvestasi emas, Anda bisa membeli emas dengan program cicilan dari Ci-Mas. Ci-Mas menyediakan layanan cicilan di mana Anda bisa membeli emas dengan uang muka yang hanya sebesar 10% dari harga emas tersebut. 

Syarat pengajuan juga mudah, bunga rendah dengan masa tenor maksimal 24 bulan.  Program ini cocok bagi Anda yang ingin memulai investasi emas tanpa memiliki modal yang besar!

Hubungi kami segera!

Close

Lescadana

Customer Services